Upin dan ipin vs animasi Indonesia

09/09/2009 11:52

Suatu pagi di waktu puasa kemarin di suatu TV swasta. Ada sebuah film 3D Animasi tentang hari raya. Terpikir sesaat film ini adalah buatan Indonesia, keren juga dalam hari berguman. Eh !, ternyata setelah ada percakapan melayu jelas sudah ini film dari negeri jiran Malaysia.

Film Ipin dan Upin yang diproduksi oleh Les Copaque ini untuk TV9 Malaysia, menurut saya mempunyai paket yang hampir sempurna dan balance dari sisi ide cerita, 3D animasi beserta tesktur karakter dan background, kekompakan antara suara dan gerakan mulut hingga harmonisasi dengan sudut kamera. Jadi film ini tidak hanya unjuk gigi dan arogansi para 3D Animator saja, tetapi segi artistik serta sinematografinya tetap harus lah he he he.

Upin&IpinBajuBaru            UpinDanIpin_Raya

Terus terang miris juga disatu sisi kita sama-sama tahu banyak 3D animator hebat dan designer hebat direpublik ini disisi lain melihat film animasi indonesia yg pernah ditayangkan di TV yang sangat jauh dari memuaskan, tetapi apa mau dikata, saya sangat mengerti penyebabnya mulai keseriusan pemerintah soal dukungan dan fasilitas dan soal dana produksi pasti menjadi alasan. Tetep saja namanya proyek animasi 3D yang serius haruslah secara paket serius mulai dari aspek Teknis  dan non teknis (animasi 3D, Musik, Cerita, Sinematografi, hingga packaging, marketing dllnya).  Kalau boleh mengatakan memang film animasi ipin dan upin ini memang proyek yg sangat serius yang dibiayain dan disponsorin oleh pemerintah Malaysia dan TV9.

Well, kapan nih 3D Animasi Indonesia akan launching dengan paket yang menarik ??? Saya tunggu kiprah film animasi 3D di negeri ini !!!

Back