Benarkah UFO Muncul Saat Gerhana?

12/09/2009 14:53

INILAH.COM, Jakarta – Ilmuwan China berhasil mengambil obyek bundar saat gerhana matahari pada 22 Juli lalu. Namun foto itu kini jadi obyek perdebatan.

Koran Daily Mail melaporkan pada 7 September, China telah mengkonfirmasikan jejak 40 menit UFO saat gerhana matahari, dan peneliti mulai melakukan penyelidikan untuk mengetahui benda itu.

Direktur Purple Mountain Observatory Nanjing China, Ji Haisheng mengumumkan ia tidak pernah menyatakan melihat UFO selama gerhana matahari pada 22 Juli yang bisa dilihat di wilayah China.

Koran Inggris mengutip Ji melaporkan "selama pengamatan gerhana matahari 22 Juli, China telah menemukan obyek tak dikenal didekat matahari, dan hal itu obyek alamiah yang harus diteliti lebih lanjut."

Ji mempertanyakan mengapa penjelasannya tetang obyek terang di dekat matahari yang kemungkian besar akibat aktifitas korono saat gerhana matahari disalahartikan.

Ji mengatakan pada 2 September menerima telepon yang menanyakan soal foto UFO yang diambil saat gerhana. "Aku bingung dan kembali bertanya, UFO apa?,” katanya.

Ji baru tahu maksudnya saat mengacu pada foto yang diposting di situs lembaga itu mengenai kesimpulan pengamatan China terhadap gerhana. Laporan itu menunjukkan cahaya terang sebagai contoh keberhasilan ilmuwan China dalam menangkap foto terbaru salama 40 menit korona gerhana matahari.

Sepekan kemudian muncul berita di Daily Mail ilmuwan China mengkonfirmasi rekaman UFO salama 40 menit.

Daily Mail juga menjelaskan mahasiswa di provinsi Guangdong telah menangkap obyek seperti kacang saat observasi dari atas atap.

Duan Lixin dari Yuannan UFO Video Analyzing Workshop di Kunming mengatakan telah menerima beberapa klip video UFO itu, namun menurutnya tidak jelas untuk identifkasi.

Back